Information Technology Infrastructure Library (ITIL)

  • Rangkaian konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi TI.
  • Best practice berikut daftar cek, tugas, serta prosedur yang menyeluruh yang dapat disesuaikan dengan segala jenis organisasi TI.

ITIL v2

  • Dikenal dengan ITSM (IT Service Management).
    • Service delivery (antar layanan).
    • Service support (dukungan layanan).

ITIL v3

  • Menekankan pada pengelolaan siklus hidup layanan yang disediakan oleh TI,
  • Lima bagian tersebut yang biasa disebut sebagai core guidance publications:
    1. Service strategy.
    2. Service design.
    3. Service transition.
    4. Service operation.
    5. Continual service operation
  • Setiap buku dalam kelompok utama (core guidance) ini berisi:
    1. Practice fundamentals; menjelaskan latar belakang tahapan lifecycle serta kontribusinya terhadap pengelolaan layanan TI secara keseluruhan. Contoh: …
    2. Practice principles; menjelaskan konsep-konsep kebijakan serta tata kelola lifecycle yang menjadi acuan setiap proses terkait dalam tahapan ini. Contoh: …
    3. Lifecycle process and activities; menjelaskan berbagai proses yang menjadi kegiatan utama tahapan lifecycle. Contoh …
    4. Supporting organization structures and roles; menjelaskan semua aspek yang terkait dengan kesiapan model dan struktur organisasi. Proses ITIL tidak akan berjalan baik tanpa definisi roles and responsibilities. Contoh …
    5. Technology considerations; menjelaskan solusi otomatisasi atau software ITIL yang dapat digunakan pada tahapan lifecycle. Contoh …
    6. Practice implementation; berisi panduan bagi organisasi TI yang ingin mengimplementasikan ITIL atau meningkatkan proses ITIL. Contoh …
    7. Complementary guideline; berisi panduan best-practice lain selain ITIL yang dapat digunakan sebagai referensi bagian tahapan lifecycle. Contoh …
    8. Examples and templates; berisi template maupun contoh-contoh pengaplikasian proses. Contoh …
  • Dalam buku juga terdapat kelompok utama complementary guidance.
    • Memberikan model, acuan, dan panduan bagi penerapan ITIL pada sektor tertentu, tipe organisasi serta arsitektur teknologi.
    • Supaya ITIL dapat lebih diterima dengan lingkungan organisasi TI.

reference:

Ke-lima bagian tadi (core guidance publications) jga disebut dengan Siklus Layanan ITIL.

  1. Service Strategy; ditujukan pada pengguna ITSM. Panduan untuk melihat ITSM bukan hanya sebagai sebuah kemampuan oragnisasi dalam menyediakan, mengelola, dan mengoerasikan layanan TI, Namun juga sebagai sebuah aset strategis perusahaan.
  2. Service Design; panduan bagi organisasi untuk dapat secara sistematis dan best practice mendesain dan membangun layanan TI sehingga selaras dengan tujuan bisnis dari pelanggan.
  3. Service Transition; panduan pada organisasi untuk dapat mengembangkan serta memiliki kemampuan untuk mengubah hasil desain ke dalam lingkungan operasional.
  4. Service Operation; panduan bagaimana mengelola layanan TI secara efisien, efektif, dan mampu memenuhi kebutuhan pelangggan
  5. Continual Service Improvement; panduan dalam menyusun serta memelihara kualitas layanan dari proses desain, transisi, dan pengoperasiannya. PDCA (Plan-Do-Check-Act)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s