Perhitungan Bisnis Startup Digital

Customer Acquisition Cost (CAC)

Biaya yang dikeluarkan untuk meng-akuisisi atau mendapatkan pelanggan baru. biayanya typical, maksudnya tergantung kondisi, contoh ketika baru mulai hingga 1000 user biaya nya $1, ketika akuisisi 1000-10,000 user biayanya $2 dan seterusnya

Rumus:

paid CAC: total acquisition cost / new customers acquired through paid marketing

Lifetime Value (LTV)

Valuasi saat ini yang dihitung dari net profit masa depan pelanggan selama menjadi member. Tujuannya ada ini:

  1. Mengukur valuasi jangka panjang si pelanggan itu
  2. Berapa jumlah net value yang bisa di generate setiap pelanggan setelah dihitung dengan Customer Acquisition Costs (CAC)

Cara ngitung:

Revenue satu pelanggan (per bulan) = rata2 nilai pesanan * jumlah order
Margin kontribusi satu pelanggan (per bulan) = revenue pelanggan – pengeluaran yang dikeluarkan setiap pelanggan (admin/biaya cod)
Rata-rata daur hidup customer (per bulan)= 1 / churn rate dalam sebulan

LTV= Margin kontribusi satu pelanggan * Rata-rata daur hidup customer

Referensi:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s